Blog Archive

Wednesday, April 29, 2015

Perbedaan British English dan American English

 
Apa sih bedanya American English (AmE) and British English (BrE)? Pertanyaan itu sering kali kudengar. Karena itulah aku ingin membuat tulisan ini, sebelum kita membahas tentang perbedaan itu, alangkah baiknya kita mengetahui sejarah penyebab perbedaan tersebut.

Sejarah American English (AmE)
Bahasa Inggris pertama kali di perkenalkan kepada orang Amerika oleh kolonial Inggris pada tahun 1607 di Jamestown, Virginia. Kemudian bahasa itu menyebar hampir ¼ dari seluruh jumlah penduduk dunia pada saat itu.
Lebih dari 400 tahun bahasa Inggris digunakan di Amerika, khususnya di United State. Penyebab terjadinya perbedaan antara kedua dialek ini diselenggarai karena buruknya komunikasi melalui radio, televise maupun internet, karena adanya perbedaan yang signifikan antara British dan Amerika, pada tahun 1982 Noah Webster membuat sebuah kamus English America, yang saat ini terkenal dengan Merriam-Webster Dictionary yang menunjukan perbedaan dialek antara English America dan English British.
Lalu apa saja perbedaan tersebut:
1.      Grammar
Grammar yang paling menonjol perbedaannya adalah penggunaan already, yet and just. Pada English British, penggunaan kata tersebut hanya di perbolehkan pada tenses “perfect tense” sedangkan pada English America, dapat digunakan pada “simple past tense” maupun “perfect tense”
Perhatikan contoh berikut :
British
America
She has just arrived
She just arrived
I have already done my homework
I already did my homework
They haven’t got any score yet
They didn’t get any score yet



Penggunaan “have got” dan “have”
British
America
I have got three sisters
I have three sisters
He has got a new car
He has a new car

2.      Vocabulary
Banyak sekali kosa kata yang berbeda, dan dibawah ini saya berikan kosa kata yang bisa saya dapatkan :
British
America
A pack of sugar, flour
A bag of sugar, flour
Opposite
Across the street
Fairground ride
Amusement
Flat
Apartement
Fair (hair)
Blonde
Fully booked
Booked up
Coffee shop
Café
Mobile phone
Cell phone
Bill
Check
Wardrobe
Closet
Hally of residence
Dormitory
City center
Downtown
Lift
Elevator
Autumn
Fall
Ground floor
First floor
Chips
French fries
Cinema
Movie
Petrol station
Gas station

3.      Number
Perbedaan juga terlihat pada pengucapan number, contohnya pada kata “billion”, English America menggunakan kata “billion” yang mempunyai arti “seribu juta”, sedangkan pada English British, “billion”  mempunyai arti “juta” sedangkan “seribu juta” dinyatakan sebagai “milliard” pada English British

Pengucapan tahun juga mengalami perbedaan disini, kita ambil contoh, tahun 1928, pada British akan diucapkan “nineteen and twenty eight” sedangkan America “nineteen twenty eight”

4.      Date
Perbedaan penulisan juga terjadi pada format penanggalan, seperti bila kita ingin mengucapkan tanggal 21 july 2017, maka :
British : The 21st of April, twenty and seventeen.
America : April 21st twenty seventeen.

Mana yang lebih mudah dipelajari?
Tak ada bahasa yang lebih sulit atau lebih mudah untuk di pelajari, termasuk tentang perbedaan antara British dengan America, namun perlu diperhatikan jika menghadapi International English Test, seperti ICGSE, maupun TOEFL dan juga TOEIC, kedua bahasa itu tetap benar dimata para penguji, yang perlu kita pahami adalah konsistensi kita menggunakan bahasa tersebut, jangan sampai dicampur-campur antara English dengan America, jika menyangkut test tertulis.
Itulah perbedaan antara English British dengan English America yang dapat saya tuliskan, semoga kita dapat membedakan antara English British dan English America.

1 komentar

cara merawat payudara August 22, 2015 at 6:37 AM

Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

Post a Comment